BERBAGI

JATIM, CAKRAWALA.CO – Setelah Khofifah Indarparawansa menyampaikan keinginannya maju sebagai kandidat Gubernur di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur kepada Presiden Jokowi, pada Selasa (26/9/2017), sejumlah nama mulai bermunculan sebagai yang dianggap cocok dipasangkan dengan Khofifah sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub).

Nama-nama calon yang muncul dari kalangan politisi, seperti Fandi Utomo (Partai Demokrat), Hasan Aminudin (Partai Nasdem), dan Ridwan Hisyam (Partai Golkar).

Selain itu, muncul juga nama Muhammad Nuh mantan Menteri Pendidikan era SBY, serta Bupati Trenggalek, Emil Elistyanto Dardak. Bahkan, Suami artis Arumi Bachsin itu disebut sebagai figur yang cocok karena muda, visioner serta nasionalis.

Direktur Surabaya Survey Center (SSC), Mochtar W. Oetomo menjelaskan Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas adalah sosok Cawagub potensial dalam Pilkada Jatim mendatang. Kedua tokoh muda itu bisa mendulang suara pemilih pemula dan disukai masyarakat.

Kalau keduanya bertarung pada posisi Cawagub kata Mochtar, otomatis suara pemilih pemula akan terbelah. Mochtar menyarankan supaya Khofifah Indar Parawansa menggandeng Emil Dardak untuk mengimbangi pasangan Saifullah Yusuf-Azwar Anas yang tinggal menunggu waktu deklarasi.

“Kalau nanti Gus Ipul berpasangan dengan Anas dan Khofifah berpasangan dengan Emil Dardak, tentu Pilkada Jatim 2018 akan makin seru karena pertarungannya akan sebanding,” ungkap Mochtar, Jum’at (22/9/2017) lalu. (Zen)