BERBAGI

REMBANG, JATENG, CAKRAWALA.CO – Sebanyak 42 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Rembang, Jawa Tengah dilantik oleh ketua Panwas Kabupaten Rembang, Totok Suparyanto di Hotel Fave Rembang, Sabtu (14/10/2017).

Ketua Panwas Kabupaten Rembang, Totok Suparyanto mengatakan, Panwascam setelah dilantik akan langsung bekerja mengawal tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 mendatang.

“Tugas yang sudah ada didepan mata turut mengawasi proses pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 yang saat ini sudah dimulai,” ucapnya.

Selain itu, tambahnya, verifikasi faktual partai yang akan dilakukan pada Desember hingga Januari 2018, juga akan melibatkan Panwascam.

Bupati Rembang H abdul Hafidz yang turut hadir mengingatkan panitia pengawas baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan untuk tetap menjaga netralitas dan independensi.

Menurut Bupati, toleransi yang diberikan oleh pengawas pemilu, akan membawa dampak negatif terhadap tugas panwas. Selain itu, toleransi yang diberikan juga dapat mencederai nilai demokrasi.

“Jujur saja memang, kita ini selalu toleransi terhadap persoalan yang di depan kita. Tetapi toleransi itu akan membawa dampak negatif terhadap tugas anda semuanya, dan membawa dampak negatif terhadap nilai demokrasi,” tegasnya.

Terkain pembentukan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) tingkat desa baru akan dilakukan pada Desember sehingga awal tahun 2018 pengawas pemilu tingkat desa sudah terbentuk. (Tarom/Zen)