BERBAGI

MAKASSAR, CAKRAWALA.CO – Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS) telah resmi mendapatkan rekomendasi usungan dari DPP PDIP sebagai Cagub-Cawagub Sulsel 2018, Minggu (15/10/2017).

Meski sebelumnya, pasangan Nurdin Abdullah dengan Tanri Bali Lamo (TBL) dianggap tidak bisa membawa partai politik jika paket tersebut berjalan terus hingga tahap pendaftaran ke KPU pada januari 2018 mendatang.

“Saya kira baru saja ada keputusan resmi DPP PDIP untuk mengusung NA-ASS. Tentu pemilihan wakil bagi NA ini sudah dikaji mendalam. Komitmen dengan TBL yang sudah terbangun selama ini dianggap sudah selesai,” kata Pengamat Politik Andi Luhur Prianto, Senin (16/10/2017).

Yang jadi permasalahan, menurut Luhur, jika Nurdin Abdullah masih bertahan dengan prinsip untuk tetap mempertahankan TBL, justru bisa menghambat langkah NA untuk merangkul parpol pengusung di Pilgub nanti.

“Problemnya saya kira di soal kontribusi TBL dalam mencari partai politik pengusung. Sebagai kandidat non-partisan, NA sepertinya membutuhkan wakil untuk mobilisasi dukungan partai politik,” jelasnya.

Dengan kehadiran Andi Sudirman Sulaiman yang merupakan Adik kandung Menteri Pertanian, dianggap bisa mengisi ruang yang tidak bisa dioptimalkan TBL. Sehingga, lanjut Luhur, NA-ASS adalah pasangan yang bisa mengubah arah dukungan parpol.

“ASS hadir bersamaan deklarasi dukungan partai politik, sehingga TBL sulit untuk di pertahankan. Profil ASS sebagai adik kandung elit nasional Mentan AAS (Andi Amran Sulaiman), cukup efektif mengubah arah dukungan partai politik. Seperti itulah pragmatisme elektoral, hal-hal yang ideal pada akhirnya akan tunduk pada realitas politik yang sangat transaksional,” demikian Luhur.(Rezki Mas’ud)